BACKPACKER WITH STYLE

Pengalaman Saya Backpackeran

Backpacker With Style

Banyak yang nggak percaya kalau saya sering backpackeran ke banyak tujuan baik di Eropa, US, Asia, Ausie juga Middle East.

Hanya karena saya backpackeran WITH STYLE. 

Masa mentang-mentang jadi backpacker, dengan budget super hemat, kita harus tampil KUMUH ? 

Sayang dong sudah pergi jauh-jauh penampilan kita kumuh kan ?

Bukan berarti harus banyak bawa pakaian, tapi diatur padu padannya dan banyak pakaian yang tetap bersih walau beberapa hari dipakai dan tidak dicuci  😀

Termasuk perhatikan kondisi cuaca di daerah tujuan. Cek baik-baik prakiraan cuaca dan suhu spesifik di lokasi yang akan kita tuju, hari, tanggal dan jamnya di Google Weather, supaya nggak saltum alias salah kostum dan kita jadi beku atau meleleh.

Saat summer tentu pakai lebih tipis, tapi pilih yang anti bakteri keringat. Jadi awet. Sedang saat winter bawa cukup 1 jaket yang bisa untuk segala cuaca, kalau nggak kuat dingin bawa long john, silakan search di Google apa itu long john.

Koper atau Ransel ?

Saran saya kalau perginya ke kota, sebaiknya pakai koper yang beroda, dan jangan pakai ransel. Karena jalan di kota-kota dunia sekarang sudah koper friendly. Mudah sekali membawa koper beroda. Apalagi roda agak besar dan fleksibel putaran nya. 

Kecuali Anda pergi ke remote area, pedesaan, hutan dan bukan kota, maka jenis ransel cukup mantap. Tapi sekarang banyak kok, ransel yang beroda, atau bahkan koper beroda yang bisa digendong ala ransel. 

Kalau mahal, bikin saja sesuai kebutuhan, saya pernah lihat dibeberapa pasar Indonesia banyak penjahit dan pembuat koper dan ransel. Indonesia memang top.

Transit

Pandai-pandai cari tiket pesawat murah yang justru banyak transitnya. Karena tiket pesawat adalah salah satu budget terbesar kita. Nah yang murah justru biasanya transit dibanyak negara. 

Nah Anda bisa atur untuk turun dan menikmati negara itu beberapa hari tanpa tambahan biaya. Bisa diatur rute pulang berbeda dari rute pergi, jadi bisa banyak sekali negara yang Anda bisa kunjungi.

Dan kalau saat transit mau keluar jalan-jalan kalau lama Anda harus cek out dulu, dan pastikan Anda sudah apply visa negara tersebut, kecuali negara itu bisa visa on arrival.

Kalau cuma 1 bahkan 2 harian tour transit Anda bisa menginap free di ruang tunggu airport. Bahkan beberapa airport International sangat bagus fasilitas nya. 

Paling buruk kalau Anda tidak bisa menginap dimana-mana di airport, biasanya Anda tetap bisa menginap gratis di Arrival Area, karena itu disediakan untuk para penjemput.

Tapi ya tidurnya bukan gelar tikar atau buka tenda ya. Tidur sambil duduk atau selonjoran, syukur kalau bisa tidur di kursi panjang.

Kalau mau bayar bisa ke launch, disana ada buffet bebas makan minum 24 jam, bisa tiduran di sofa dan ada shower, ini jauh lebih murah dari pada nginap di penginapan dan masih di dalam airport.

Alternatif lain, cari cafe seperti Starbucks yang buka 24 jam, beli segelas minuman dan tidur dengan posisi duduk. Backpacker harus bisa tidur dengan posisi ini he he he 😀

Bahkan biasanya selalu ada locker tempat penitipan koper kalau Anda ribet nggak mau bawa koper saat tour transit. Pelajari baik-baik semua fasilitas Airport di internet sebelum berangkat. 

Oh iya, di beberapa airport memang ada paket tour untuk orang transit, ada yang 3 jam, 5 jam dll pelajari dulu diinternet. Kalau saya biasanya pakai Uber ke pusat wisata, lebih murah.  Atau pakai tram atau mrt. Tapi bandingkan dulu dengan paket tour.

Makan Enak Murah Wareg di Airport

Nah kalau mau makan enak dan kenyang di airport, cari kantin khusus karyawan. Anda bisa tanya sama setiap karyawan di airport. Biasanya tempat nya agak tersembunyi, tapi kita bisa masuk dan makan enak di sana.

Berburu Tiket Murah

Oh ya biasanya kalau beli tiket murah booking saat Rabu dini hari sekitar jam 2 subuh WIB. Saya kurang tahu kenapa, tapi memang mujarab, saya dapat murah pakai banget!

Dan jangan biasakan sering coba-coba masukin data untuk cek harga, ternyata saat kita masukkan data untuk sekedar cek harga, komputer akan menduga kita berminat. Dan kalau kita sering lakukan itu, maka otomatis harga flight itu di jadwal itu akan NAIK. Dan kita rugi sendiri.

Kalau pergi lebih dari berdua, misalnya berempat. Maka sebaiknya masukkan per dua orang. Karena kalau sekaligus 4, maka otomatis harga akan naik. Katanya, karena saya kurang paham juga kenapa, maka katanya komputer akan mencari harga promo, tapi kalau stock harga promo tidak banyak, maka ke empat orang itu semua akan dicharge harga promo yang tertinggi supaya sama.

Berburu Hotel Bagus Murah

Cari hotel yang murah tapi bagus, biasanya agak di luar kota, tapi pilih yang dekat kereta atau MRT. Jadi mudah dan cepat kemana-mana.

Misalnya kalau ke Tokyo cari hotel di Fujisawa, Anda bisa dapat hotel bagus, murah, ukuran jauh lebih besar dibandingkan hotel di Tokyo. Dan restoran nya murah-murah, bagus dan enaaak. 

Misalnya lagi kalau di New York, Anda cari hotel di Brooklyn atau Queen. Dengan harga yang jauh lebih murah Anda bisa dapatkan hotel yang lebih bagus dari di Manhattan. Dan makanan nya lebih murah dan enak.

Kuncinya letak hotel harus dekat dengan stasiun MRT, jadi kita mudah kemana-mana.

Cerdas Cari Makanan Minuman

Beli makanan di supermarket di luar kota, bisa menghemat banyak biaya konsumsi. 

Makanan mentah siap saji tinggal di microwave harganya jauh lebih murah daripada beli di cafe atau restoran.

Kalau Anda harus makan pedas, sebaiknya bawa sambal, kalau harus makan dengan kecap, bawalah kecap. Supaya nafsu makan Anda tidak terganggu. 

Nah kalau Anda tidak bisa hidup tanpa makan mie instan asli Indonesia, tapi untuk membawanya berat dan koper sudah penuh. Bawalah bumbunya saja, nanti mienya Anda bisa beli di supermarket atau China Town. Ringan dan praktis.

Kalau mau ke resto atau cafe pelajari banyak jenis makanan dan minuman yang harga jauh lebih murah dari harga makanan minuman lainnya.

Usahakan ke resto atau cafe yang bukan untuk turis, tapi untuk masyarakat lokal. Selain rasanya jauh lebih enak, harganya juga jauh lebih murah dibandingkan untuk turis.

Maksimalkan Public Transportation

Maksimal kan public transportation yang ada untuk keliling kota dan ketujuan wisata.

Saya biasa naik tram dari ujung satu terus sampai ujung satunya, sambil sight seeing. Terus pindah tram terus sampai mentok ke ujung stasiun lain. Selain sangat amat murah, sangat nyaman, sight seeing nya puas banget dan kita bisa mengenal lebih dekat budaya setempat.

Beli kartu transportasi, biasanya jauh lebih murah.

Kalau Kangen Makanan Rumah

Kalau kangen masakan rumah atau butuh balsem dan lain-lain yang ada di Indonesia bisa coba cari ke China Town, Resto Vietnam, atau cari daerah orang Indonesia. Di US banyak daerah orang Indonesia.

Berpetualang Sambil Business

Saya selama backpackeran selalu bawa banyak Business Card. Jadi kalau ketemu orang dari negara manapun kita bisa kenalan dan syukur-syukur bisa dapat business yang bisa untuk backpackeran berikutnya.

Tidak Ikut Tour

Saya tidak pernah ikutan tour, jadi bebas kalau suka dengan daerah tertentu saya bisa berjam-jam di situ. 

Dan tahukah Anda kalau jalan sendiri bisa hanya setengah bahkan sepertiga biaya tour ? Makanya saya ke tour cuma untuk ngumpulin brosur sebagai bahan pembanding dan referensi tujuan wisata.

Selain itu jalan sendiri tanpa tour itu ada seni tersesat nya,  dan tersesat itu luar biasa asyiknya banget lho. Di beberapa negara sangat aman, kalau Anda berani ke Terminal Pulo Gadung, Tanjung Priok dan Tanah Abang, berarti Anda pasti berani keliling dunia sendiri tanpa tour. Toh ada HP.

HP dan Aplikasi

Nah HP ini sangat penting, usahakan selalu on dan selalu siap power bank. Juga bisa beli SIM Card lokal atau tetap pakai SIM Card Indonesia, tapi cari paket roaming yang murah untuk negara itu. Ternyata banyak paket murah dari provider Indonesia. Search dulu dengan teliti sebelum berangkat.

Oh ya jangan lupa download aplikasi voucher diskon yang paling berlaku di daerah tujuan. Ini bisa menghemat luar biasa petualangan kita, karena bisa dapat banyak diskon untuk beli tiket museum, tiket bus kereta dll, tiket berbagai obyek wisata, juga diskon aneka resto. Sekali lagi ini penting banget.

Jangan lupa download berbagai aplikasi yang penting untuk currency, tiket pesawat murah banget, hotel murah, penginapan murah, aplikasi wisata, rute dan jadwal kereta, bus, tram, pesawat, aplikasi alih bahasa, aplikasi voucher diskon makan minum tiket dll, dan lain-lainnya.

Sebetulnya saya agak ragu menulis aplikasi-aplikasi apa saja yang berguna, takut promo. Tapi karena banyak yang tanya maka sebagian saya list di sini:

Agoda
Booking
Air BNB
Traveloka
Expedia
Kayak
Skyscanner
Cheap Flight
Masih banyak lagi, silakan search cheap flights di store download dan bandingkan sesuai flight Anda

Untuk voucher di US, Groupon cukup bagus
Tapi masih banyak lagi, silakan search discount voucher di store download dan sesuai kota tujuan Anda

Google cukup membantu karena semua ada disana, bahkan bisa dapat tempat makan enak dan murah

Google Translate
Bisa membantu kita bicara jika kita aktif kan suaranya
Dan kalau kita aktif kan kamera nya, bisa membantu kita menerjemahkan segala tulisan yang ada di stasiun, barang dll

Google Map
Membantu kita dalam transportasi

Google Trip

XE Currency
Japan Train
GoEuro : Train, Buses, Flights
Trainline EU
Trip Advisor
Trivago
HostelWorld
London Travel Guide

Dan masih banyak lagi, dan selalu ada aplikasi baru yang lebih bagus lagi. Silakan search di AppStore.

Konektor Listrik

Konektor colokan listrik semua negara. Ini sederhana, tapi banyak yang lupa sehingga kita tidak bisa menggunakan gadget dan alat-alat elektronik kita dengan baik.

Sekali lagi ini penting banget, sekarang banyak dijual online konektor colokan listrik untuk berbagai negara yang murah tapi bagus.

Sebaiknya bawa 2 konektor, jadi kalau rusak dan penggantiannya.

Jangan lupa juga bawa kabel eksension, supaya bisa sekalian punya beberapa colokan listrik ala Indonesia setelah ujungnya menggunakan konektor.

Search pelajari baik-baik voltase negara yang dituju agar alat elektronik yang kita gunakan berfungsi dengan baik dan tidak rusak.

Misalnya hairdryer Indonesia tidak bisa digunakan di US karena voltase beda.

Jangan Pergi Saat Peak Season

Satu hal yang perlu diingat adalah jangan traveling pada saat PEAK SEASON, tapi usahakan di LOW SEASON. Karena semua harga peak season super mahal minimal bisa dua kali nya, bahkan bisa 5 kali lipat. Selain itu sangat crowded, super padat, susah bergerak. Kita tidak bisa menikmati petualangan kita. Apalagi kalau bawa anak balita.

Penukaran Uang

Bagaimana dengan penukaran uang ? Saya biasanya nggak mau ribet ke Money Changer, karena kursnya sering membuat kita rugi. Jadi bagaimana? Saya biasanya simple, cukup bawa kartu debit BCA. 

Nah kita tinggal tarik mata uang setempat secukupnya di negara yang kita tuju di ATM yang bisa Maestro dan Cirrus. 

Percaya atau tidak, sudah saya buktikan bahwa kurs nya Kartu Debit BCA jauh lebih murah dari Money Changer. 

Selama ini bisa, saya sudah coba Kartu Debit BCA di Perancis, Belgia, Yunani, Belanda, Italia, Jerman dll di Eropa dan lancar jaya. 

Juga di US saya sudah coba di New York, Washington DC, Hollywood, Los Angeles, San Francisco dll

Termasuk di Asia, Israel, Turkey, juga Australia. Bisa tarik uang tunai currency setempat dengan kurs fantastis, lebih murah dibandingkan money changing.

Selama ATMnya ada logo Cirrus atau Maestro. Dan ATM itu ada di mana-mana dan buka 24 jam. Dibandingkan money changer yang lebih mahal, susah lokasinya dan belum tentu buka 24 jam.

Nah yang penting kita harus pilih ATM dari Bank yang biaya tariknya rendah. Karena tiap bank beda-beda biayanya. Cek dulu biaya setiap bank di internet sebelum berangkat.

Dan amit-amit kalau Anda tiba-tiba kekurangan uang cash di jalan, Anda bisa minta tolong keluarga untuk transfer ke account BCA Anda. Dan Anda tinggal tarik via ATM.

Posting Di Sosmed

Jangan salah, posting di media sosial penting. Bukan untuk gaya-gayaan atau sombong. Tapi share location di mana Anda berada. Amit-amit, kalau ada sesuatu terhadap Anda, keluarga dan sahabat-sahabat Anda bisa segera mencari Anda di lokasi terakhir Anda posting di Media Sosial.

Kontak KBRI dan Konjen

Wajib Anda mencatat alamat dan nomor kontak KBRI dan Konjen di negara yang Anda datangi. Jika suatu saat Anda butuh sesuatu. Ingat bahwa jam kerja mereka persis seperti kantor umumnya. Jadi malam dan waktu libur kantor juga libur. Walau Anda bisa tetap coba telepon saat malam atau libur, mungkin satpamnya bisa membantu Anda.

Ayo Ngamen 

Oh ya hampir lupa, kalau Anda bisa nyanyi, apalagi main musik bawa suling, harmonika atau okulele dll yang kecil. Sekalian uji nyali, saya sarankan Anda NGAMEN di luar negeri.

Tapi sebelumnya Anda pelajari baik-baik bagaimana orang luar negeri ngamen. Karena ngamen di sana selain berkualitas juga bergengsi dan semua orang menghargai dan mau bayar mahal.

Anda sebaiknya menyanyikan lagu-lagu Indonesia, karena mereka justru sangat menghargai. Dan ingat ngamen adalah performance bukan ngemis apalagi malak. 

Tinggal Anda taruh topi terbuka di depan Anda dan letakkan uang sebagai contoh, dalam waktu singkat Anda bisa punya uang banyak untuk biaya jalan-jalan. Silakan coba dan jadilah duta budaya Indonesia yang baik.

Yang Pertama dan Terpenting

Paling penting jangan lupa selalu berdoa, karena Tuhan dan Para Malaikat akan mengiringi kita dan akan menunjukkan tempat-tempat yang terbaik. Juga dipertemukan dengan orang-orang terbaik dan berbagai keajaiban lain selama petualangan kita.

Selamat berpetualang, selamat tersesat, selamat backpackeran.

Salam backpacker
Christovita Wiloto

Popular Posts