KAIROS TUHAN: TUHAN SELALU TEPAT WAKTU


3 Istilah 'Waktu Tuhan' yang Ditulis dalam Alkitab

Sejak awal penciptaan, Tuhan menghendaki umat-Nya memahami detail rencana-rencana yang sudah dibuat-Nya, termasuk waktu-waktu yang telah ditetapkan dalam agenda Tuhan untuk segala sesuatu. 

Tidak salah bila Tuhan juga adalah pribadi yang sangat detail dan tepat waktu. Sebagian besar orang mungkin belum pernah tahu bahwa Tuhan pun membagi jenis waktu-Nya ke dalam tiga istilah yang tertulis dalam Alkitab.

1. Waktu Kronos

Yang dimaksud Kronos adalah waktu yang biasa, yang selalu ada. Kronos adalah waktu yang dapat diukur dengan jam, hari, tanggal, bulan, tahun dan sebagainya; baik sebagai waktu jangka pendek seperti sekejap mata (Lukas 4: 5) maupun jangka panjang seperti puluhan tahun (Kisah 13:18). 

Kronos dapat juga dimengerti sebagai deretan peristiwa dan kemungkinan yang terjadi dalam hidup manusia. Oleh sebab itulah kita sering mendengar kata kronologi.

2. Waktu Aion

Kata Aion dipakai untuk menunjukan entah waktu yang lama sekali, atau waktu yang tanpa batas. 

Oleh sebab itu waktu aion dipakai tentang waktu ini yang mulai dengan penciptaan dan berakhir dengan kedatangan Kristus yang kedua kali; atau juga tentang waktu kekekalan, yaitu waktu tanpa batas (Matius 12:32) dunia ini dan dunia yang akan datang. Yang diterjemahkan dengan kata dunia adalah aion (baca Efesus 1:21)

3. Waktu Kairos

Kata Kairos berbicara tentang periode tertentu. Kalau waktu itu sudah lewat, tidak akan kembali lagi (Roma 5:6). Oleh sebab itu waktu kairos berbicara tentang kesempatan dan momentum yang ada di waktu waktu tertentu.

Galatia 6: 10 berkata, “Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman”.  Artinya, kalau kesempatan tidak digunakan, maka waktu (kairos) akan hilang.

Kalau kita tidak cermat kita akan kehilangan kesempatan. Sebab itu kita harus memperhatikan waktu pintu terbuka dan waktu pintu tertutup. 

Alkitab berkata, “Apabila Ia (Yesus) membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka (Wahyu 3:7)”.

Ada waktunya Tuhan membuka pintu masuk bagi kita dalam sebuah kesempatan. Bilamana kita tidak masuk, pintu akan tertutup. Pintu itu bisa saja sebuah kesempatan baik yang datang mungkin cuma sekali saja. 

Jadi perhatikan kairos yang Tuhan berikan. Jadilah peka, bijaksana, berani mengambil keputusan namun tidak terburu-buru. Atau Anda akan menyesalinya!

“Visi tersebut akan tetap terjadi pada waktu yang ditentukan.  Itu bergegas menuju tujuannya.  Itu tidak akan bohong.  Jika tertunda, tunggu.  Itu pasti akan terjadi.  Tidak akan terlambat ”(Habakuk 2: 3 GW).

TUHAN TIDAK PERNAH TERBURU-BURU, DAN DIA TIDAK PERNAH TERLAMBAT. DIA SELALU TEPAT WAKTU.

Waktu Tuhan sempurna, meski kita tidak bisa memahaminya.  Kita tidak akan pernah benar-benar memahaminya, karena Tuhan ada pada panjang gelombang yang berbeda.  Dia memiliki pandangan yang berbeda tentang waktu karena dia abadi.

Alkitab berbicara tentang pemahaman Tuhan tentang waktu dalam 2 Petrus 3: 8.  Dikatakan, “Jangan lupakan satu hal ini, teman-teman terkasih: Dengan Tuhan sehari seperti seribu tahun, dan seribu tahun seperti sehari” (NIV).

Apakah itu terdengar seperti cara Anda memperlakukan waktu?  Mungkin terasa seperti seribu tahun ketika saya kadang-kadang menunggu makan, tetapi kita manusia tidak berpikir seperti itu.

Keabadian Tuhan memiliki implikasi besar bagi hidup Anda.  Saat Tuhan menciptakan Anda, Dia menaruh mimpi di hati Anda.  Kebanyakan orang memulai dengan visi besar dan tujuan besar.  Mereka memiliki semacam impian atau rencana atau proyek untuk hidup mereka.

Visi apa yang Tuhan berikan kepada Anda?  Selama bertahun-tahun saya telah menemukan bahwa sementara semua orang cenderung memulai awal kehidupan dengan sebuah visi, seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang menyerah pada impian mereka sebelum tercapai karena itu tidak terjadi cukup cepat.

Mungkin impian Anda telah hancur.  Atau mungkin, karena keputusasaan dan kekecewaan, Anda telah mengubur impian Anda.  Anda sudah menyerah.

Tuhan tidak ingin Anda melakukan itu.  Jika Tuhan memberi Anda mimpi untuk hidup Anda, itu akan terjadi.  Itu hanya harus terjadi pada jadwalNYA, bukan jadwal Anda.

Tuhan mengatakan ini tentang impian Anda: “Penglihatan itu akan tetap terjadi pada waktu yang ditentukan.  Itu bergegas menuju tujuannya.  Itu tidak akan bohong.  Jika tertunda, tunggu.  Itu pasti akan terjadi.  Tidak akan terlambat ”(Habakuk 2: 3 GW).

Ketika saya memulai Gereja Saddleback hampir 40 tahun yang lalu ketika saya berusia 25 tahun, saya terburu-buru untuk menyelesaikan semuanya dengan cepat.  Tapi Tuhan berkata kepada saya hal yang sama yang akan dia katakan kepadamu dengan mimpimu: “Tidak, tidak semuanya akan terjadi sekarang.  Tapi perlahan, pasti, visi itu akan terwujud. "

Saya ingin Anda mengingat kebenaran yang kuat ini: Tuhan tidak pernah lebih awal dalam hidup Anda.  Dia tidak pernah terlambat dalam hidup Anda.

TUHAN SELALU TEPAT WAKTU.

Oleh Rick Warren dan Lori

Popular Posts