SAMSUNG SERVICE CENTER MENGGEMASKAN

SAMSUNG SERVICE CENTER MENGGEMASKAN

Beberapa waktu lalu kulkas Samsung kami rusak, freezer nya tidak dingin dan semua produk Istri saya rusak.

Kami memanggil service center Samsung dan  datang seorang tehnisi khusus untuk hanya survey saja, tidak langsung melakukan perbaikan.

Hasil survey, katanya kompresornya rusak dan biayanya cukup mahal 3 juta. Mahal, karena dulu harga kulkas ini waktu kami beli hanya 7 juta. Memang sudah lewat masa garansinya. 

Sebetulnya kulkas Samsung ini sangat bandel dan memuaskan, sejak bersama kami selama 10 tahun, tidak pernah ada masalah sama sekali. Begitu ada masalah saat ini langsung freezer tidak membeku.

Singkat cerita, setelah kami bayar besoknya seorang tehnisi datang mereparasi selama 2 jam. Tapi tetap kulkas tidak sembuh, bahkan kali itu Istri saya kecele, sempat sudah yakin dan mengembalikan berbagai produk, tapi meleleh karena freezer mati.

Tehnisi datang lagi, begitu seterusnya sampai tehnisi 10 kali datang selama satu bulan ! 

Wah jujur baru kali ini kami menghadapi proses reparasi sebanyak dan selama ini, dan tidak sembuh-sembuh penyakitnya. 

Anehnya ketika kami tanya ke tehnisinya, dia bilang memang begitu Pak kalau betulin kulkas harus teliti dan dicoba terus menerus sampai ketemu masalah apa. Bahkan ada yang 3 bulan Pak, tapi tenang Pak kami akan terus kerjakan sampai betul. Pikir kami yang memang sedang sibuk, oh okelah kalau begitu.

Tapi setelah lewat 1 bulan dan keluarga komplain karena sering menghirup freon, kamipun komplain ke Samsung. Nah kali ini kulkas kami dibawa ke Service Center, satu mobil box dengan 5 tehnisi datang menjemput kulkas, selama seminggu di bengkel mereka, ketika balik kulkas sudah sehat, freezer dingin dan membeku.

Tapi 2 hari kemudian, semua yang di freezer meleleh dan tidak dingin sama sekali lagi ! Rusak lagi !

Duh ! Kami komplain ke Samsung tidak mau proses Service pepesan kosong ini dilanjutkan dan minta uang service dikembalikan. Sampai saat ini kami masih menunggu pengembalian uangnya.

Kami coba kontra opini dengan menelpon tukang servis sederhana di sekitar BSD, sekedar survei mereka hanya minta 75 ribu rupiah.

Dua orang tehnisi dari jasa servis itu datang naik motor, baju mereka biasa, tidak ada seragam. Begitu datang, agak aneh, mereka tidak menyentuh bagian belakang kulkas sama sekali, seperti yang selama ini selalu dilakukan berkali-kali oleh para tehnisi Samsung. 

Mereka buka freezer bagian depan dalam dan menunjukkan ke kami, lihat ya Pak, kipasnya nggak jalan, pemanasnya nggak jalan sehingga jaringan pendinginnya membeku nih Pak, ini yang membuat aliran udara dingin tersumbat dan freezer tidak membeku.

Hah ?? Kami lihat apa yang tehnisi ini sampaikan sangat sederhana dan masuk akal. Saya tanya apa nggak ada masalah dengan kompresornya ? Mereka jawab, tidak, kalau kompresornya rusak biasanya suara kulkas sangat kasar dan kulkas sering bergetar hebat.

Jadi kalau diservis biayanya berapa ? 1 juta dan selesai 1 jam. Hah ?? 1 juta dan 1 jam ???

Dan betul saja, kami sangat senang, dalam 1 jam kulkas selesai diservis, kemudian tidak dibuka selama 8 jam seperti biasa, dan sampai sekarang freezer sehat, super dingin dan bekerja dengan optimal seperti baru. Puji Tuhan Yesus, Alhamdulillah !

Saya berpikir kasihan Samsung dan kasihan juga kustomernya.

Moral :

1. Jika kita punya masalah, kita harus kontra opini, minimal 1 kali, agar kita bisa punya wawasan, ada alternatif solusi dan bisa memilih solusi terbaik.

2. Orang yang ahli akan cepat menyelesaikan masalah, sederhana, efektif dan efisien.

3. Orang yang tidak ahli akan lama menyelesaikan masalah, super ribet, mahal dan tetap masalah tidak pernah selesai. Bahkan membuat masalah semakin besar dan rumit.

4. Tanpa analisa dan diagnosa yang tepat, core problem tidak pernah ditemukan dan tidak pernah dituntaskan. Maka masalah justru merembet membesar.

5. Bukan gaya orang yang menyelesaikan masalah, tapi jam terbang dan keahlian.

6. Ternyata di Indonesia banyak UMKM yang sangat sederhana, tapi memiliki kapasitas dan keahlian yang mumpuni. Hanya perlu kehati-hatian dan kecermatan untuk memilihnya. Berilah mereka kesempatan.

http://christovwiloto.blogspot.com/2022/01/samsung-service-center-menggemaskan.html

Popular Posts